Halaman

Rabu, 31 Desember 2014

Cara Agar Resolusi Bisa Terwujud

Selamat menikmati momen-momen terakhir di tahun 2014!

Sambil menunggu momen tahun baru, gue mau ngeblog dululah tentang resolusi. Eits, gue sendiri belum bikin sih, hahaha. Tapi gapapa kan ya, gue ngomongin resolusi dulu di postingan kali ini ;)

Coba deh lo perhatiin resolusi lo buat 2015 ini, perhatikan baik-baik. Ada nggak sih resolusi lo yang berulang tiap tahunnya? Nah! Itu tandanya resolusi lo yang tahun lalu-lalu itu belom kesampean juga.  Gimana caranya agar resolusi tahun baru lo bisa terwujud? Simak tips gue ini ya!

Cari Tahu Alasan Di Balik Resolusi

Sebenarnya resolusi itu adalah sebuah goal yang lo tuju kan tiap tahunnya? Misalnya, di tahun 2015, lo pengin banget bisa nerbitin buku atau punya sebuah blog yang ciamik. That's the goal. Sekarang coba pikirkan apa sih yang sebenarnya pengen lo lakukan dan tanyakan ke diri lo sendiri kenapa lo mau hal itu. Tanya sampai 3 kali. 

Misalnya, goal lo adalah berhenti merokok. Coba tanya kenapa? Biar sehat. Kenapa lo mau lo sehat? Karena lo masih pengen hidup panjang dan meraih impian lo. Kenapa lo mau meraih impian lo? Karena lo akan merasa hidup lo bermakna kalau berhasil meraih impian. Begitu lo tahu dan mengerti lebih dalam kenapa lo mau hal itu dalam hidup lo, pasti lo akan lebih termotivasi untuk mewujudkannya.

Fokus pada Proses, Bukan Hasil

Sering banget pas kita udah nulis resolusi, kita membayangkan bagaimana akhirnya. Yah, bayangan yang muluk-muluk itu tuh yang sering muncul. Tapi gara-gara ngebayangin pas resolusi kita terwujud, kita malah jadi nggak fokus sama proses menuju ke situ dan cara untuk mewujudkannya. 

Mendingan nih, daripada terbuai sama angan-angan. Kita mulai pikirin caranya mencapai resolusi tersebut. Ibaratnya kalau lo punya goal, pasti lo pikirin langkah-langkah kecil yang lo butuhkan untuk sampai ke situ kan? Nah, ini juga sama!

Kalau lo pengen jadi orang yang lebih sosial misalnya, coba deh lo beraniin nyapa orang yang sering papasan sama lo. Terus coba ajak temen-temen lo buat lunch bareng. Langkah-langkah kecil yang seperti ini yang akan membuat lo mewujudkan resolusi tahun baru lo. Dan, yang terpenting lo juga konsisten ya!

Bikin Resolusi yang Positif

Resolusi yang positif buat lo makin terpacu untuk melakukannya. Jangan bilang lo nggak mau gendut lagi di tahun 2015, tapi bilang lo mau lebih sehat di tahun yang baru. Ini bakalan beda impact-nya sama kata-kata resolusi yang cenderung negatif. Coba pikirin apa yang pengin lo lakuin, jangan apa yang pengin lo hindari. Udah terbukti, kok, otak kita memang lebih terangsang dengan kata-kata yang positif dan kita pun akan lebih mudah mengejar resolusi kita.

Siapin Kegagalan Resolusi

Mungkin lo bertanya-tanya, lah kenapa deh gue mesti nyiapin kegagalan resolusi gue? Hello! Gue di sini pengin resolusi gue terwujud. Sabarrr, sabarrr, baca dulu penjelasan gue ya. 

Kenapa lo harus bersiap kalau resolusi lo gagal? Alasannya adalah agar lo bisa lebih siap. Seringkali lo merasa gagal saat lo nggak konsisten menjalankan resolusi lo. Nah, ini cara agar lo terhindar dari perasaan bersalah itu. Dari awal resolusi dibuat, lo udah harus memperkirakan kira-kira lo bakalan gagal kenapa dan coba buat rencana biar ini nggak kejadian.

Misalnya, lo pasti gagal jadi sehat karena suka tiba-tiba laper sore-sore. Berarti lo harus bawa cemilan sehat dari rumah biar pas lo laper, lo nggak nyari junk food. Lo udah siap sama rencana lo.


Gimana? Siap menghadapi tahun 2015? Happy New Yeaaar! :D